A password will be e-mailed to you.

Hallo kawula muda!

Ujian telah tiba. USBN maupun UNBK akan segera dilaksanakan. Namun kami sangat menyayangkan ujian tersebut hanya mengujikan materi-materi dari setiap matapelajaran. Sedangkan mental dan nyali sama sekali tidak. Padahal, dalam setiap aspek, mental dan nyali-lah yang sesungguhnya kita butuhkan untuk dapat menyelesaikan permasalahan hidup.

Kami tidak ingin anda tumbuh hanya menjadi manusia yang cerdas dan bernilai ijazah tinggi saja. Tetapi kami lebih menginginkan anda menjadi orang yang betak dan unggul. Atas dasar pertimbangan itu, tim redaksi kemudian bermaksud untuk merumuskan hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menjadikan ujian sekolah anda sebagai ajang uji nyali.

Rumusan-rumusan ini kami susun sesuai urutan level, dari yang paling mudah sampai tahap yang expert. Silahkan disimak.

Level 1, Jangan Belajar

Ya tentu saja. Janganlah sedikit pun anda belajar. Justeru perbanyaklah main game, pacaran, atau pun bentuk keluyuran yang lainnya. Kami tahu kalau anda sangat piawai membuang-buang waktu. Lakukanlah itu jauh-jauh hari sebelum ujian tiba. Ketika anda tidak belajar sedikit pun, itu akan membuat pikiran anda semakin blank ketika membaca soal demi soal dalam ujian.

Nah, maka ketika hari ujian tiba, kira-kira apa yang akan anda lakukan? Menyontek. Ya, memang itulah jawabannya. Mau tidak mau anda mesti menyontek. Kreatifitas dan nyali anda akan sedikit diuji di sini.

Tetapi perlu anda ketahui, bahwasannya ini masih level paling bawah. Noobie. Hampir semua orang juga mampu melakukannya. Jika anda sudah menguasai level yang paling rendah ini, segeralah tingkatkan level ketahanan nyali anda. Tentu anda tak ingin jadi manusia péhul, bukan?

Level 2, Positioning

Usahakan tempat duduk anda tepat di depan bapak/ibu pengawas. Jika ini anda lakukan, peluang menyontek akan sangat kecil. Nah, tugas anda adalah memperbesar peluang menyontek itu. Segeralah siapkan mental dan nyali anda untuk menyontek dalam jarak pengawas yang sedekat itu.

Bagaimana kalau pihak sekolah sudah menentukan tempat duduk setiap siswa? Ah, anda ini. Asal anda tahu saja, bahkan website sekolah pun bisa dengan mudah diretas (di-hack). Sistem pertahanan sekolah dibangun dengan asal-asalan. Apalagi ini, cuma posisi duduk ketika ujian. Sungguh, ada banyak cara untuk sekadar memilih posisi duduk sesuai keinginan. Bahkan kalau mau, anda bisa menentukan sendiri nilai ujian anda.

Level 3, Memanggil Nama Pengawas

Level selanjutnya dalam uji nyali ini adalah memanggil nama pengawas, berkali-kali. Awal-awal, bolehlah anda menanyakan sesuatu yang benar-benar perlu ditanyakan. Misalkan nama pengawasnya adalah Pak Haji Dodi. “Pak Haji Dodi, ini berapa lama waktunya, ya?” Tentu Pak Haji Dodi akan menjawabnya dengan mudah dan tanpa curiga.

Namun tidak cukup sampai di situ. Tunggu sekitar lima menit, dan bertanya lagilah anda pada Pak Pengawas. Pertanyaannya silahkan berkreasi sendiri. Menanyakan perihal weton, misalnya.

Jika anda berhasil bertanya pada pengawas minimal sebanyak lima pertanyaan aneh, kami akui nyali anda boleh juga.

Level 4, Mengisi Lembar Jawab Tanpa Melihat Soal

Pada level ini, anda tidak diperkenankan untuk menyontek. Ambil lembar jawab. Siapkan pensil 2B. Jauhkan lembar soal dari jangkauan tangan anda. Dan isilah pilihan ganda yang tersedia dalam lembar jawab tanpa melihat soalnya seperti apa. Cukup anda tebak saja. Dengan begitu, kiranya ujian anda akan berlangsung dengan seru.

Level 5, Begadang Semalam Suntuk

Alhamdulillah, sampailah kita pada level yang kelima, level master. Pertama-tama, tidurlah anda pada siang hari agar supaya mendapatkan energi yang cukup untuk begadang pada malam sebelum ujian diaksanakan. Dan begadanglah anda dengan atau tanpa teman-teman.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan ketika begadang: nonton film, membaca buku, menulis diary, main game, curhat, dan sebagainya. Anda juga bisa mengkonsumsi kapal api hideung agar tak terlalu kohal. Atau bisa juga dengan garpit dan teh gelas. Satu dua batang garpit dan teh gelas merupakan kombinasi maut yang cocok untuk menemani malam anda.

Begadang sebelum ujian membantu anda untuk mengantuk saat mengerjakan soal. Anda bukan hanya bertarung dengan waktu, tapi juga dengan rasa kantuk anda sendiri. Rasakanlah sensasinya. Syukur-syukur kalau anda sampai ketiduran. Dan kalau tidak kuat, tidur saja. Jangan lupa sisakan waktu sekitar dua menit di akhir untuk mengisi nama dan nomor peserta.

***

Demikianlah tips dari kami minggu ini. Sesungguhnya masih banyak level-level lainnya yang bisa meningkatkan nyali anda. Namun segitu saja dulu. Selamat mencoba, dan kami tunggu hasilnya!