A password will be e-mailed to you.

Setelah sukses melepas tiga single di tahun 2018, Ping Pong Club akhirnya mengeluarkan debut albumnya yang bertajuk Retrospective. Unit Indie Pop/Electro Pop itu—yang beranggotakan Hariz Lasa (vokal, synth), Muhammad Rizky (gitar, vokal), Fasya Suryadini (keyboard, vokal), dan Satrio Adi Nugroho (drum)—resmi melepas album perdana dalam format fisik pada 28 Februari 2019.

Retrospective diambil dari istilah “Past, Present, Future,” yang kemudian menjadi intro dalam album perdana Ping Pong Club. Istilah “Past, Present, Future” juga akan merepresentasikan album Ping Pong Club ke depannya, di mana Retrospective merupakan bentuk dari bagian ‘Past’ atau masa lampau.

Mengapa demikian? Karena dalam Retrospective, Ping Pong Club mencoba berusaha mengemas kembali referensi musik yang sudah ada. Seperti misalnya mengemas kembali musik-musik Indie Pop yang sempat trend di tahun ’80-an dan ’90-an. Referensi lain yang diadopsi oleh Ping Pong Club adalah musik new wave hingga sophistipop yang juga dikenal dari era yang sama.

Artwork album Retrospective, Ping Pong Club

Band asal Kota Bandung ini menyuguhkan 7 (tujuh) lagu yang menceritakan berbagai penghayatan manusia terhadap alam semesta, cinta, konflik sesama, pencarian terhadap diri sendiri, hingga penglihatannya terhadap sesuatu yang berada di atas kuasa alam semesta.

Selain itu, Ping Pong Club menyuguhkan dua lagu remix yang dikerjakan oleh Muhammad Rizky dan Muhammad Iqbal dari Ikkubaru.

Ping Pong Club juga bekerjasama dengan beberapa pihak: Adit a.k.a Injuriespaper untuk menggarap artwork, Ade Tonefreak dalam proses rekaman, dan Rahief M sebagai sound engineer di proses mixing dan mastering.

Album Retrospective dirilis oleh Aesthetic City Records dan didistribusikan melalui record store yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi kalian yang ingin mendapatkan album perdana Ping Pong Club, dan penasaran kota mana saja yang akan disinggahi dalam tour-nya, pantau terus akun resmi media sosial Ping Pong Club atau di website pingpongclubtheband.com.